qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
Bookmark

Apa Itu Arduino? Apa Fungsi dan Kelebihannya? Simak Penjelasan Berikut!




Arduino

Apa Itu Arduino?
Apa Fungsi dan Kelebihannya? Simak Penjelasan Berikut - Pasti beberapa orang masih sering kali menanyakan apakah itu Arduino? Ini kaitan erat dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai masalah hardware, software dan juga alat-alat mengenai kawasan tersebut. 

Sebenarnya seperti yang diketahui bahwa fungsi dan kelebihan Arduino itu sangat banyak. Pada penjelasan di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai definisi, fungsi, dan kelebihan Arduino sebagai suatu sistem alat

Apa Itu Arduino?

 Arduino merupakan sebuah minimum system pada mikrokontroler yang sifatnya open source dan banyak digunakan untuk membangun project elektronik. Seperti yang diketahui bahwa di dalam platform Arduino mempunyai inti dua hardware yang berupa board dan 1 software atau ide yang berjalan di dalam komputer. 

Arduino Uno R3

Di dalam platform Arduino ini sangat terkenal dan populer untuk orang-orang yang memulai belajar elektronika yang khusus pada mikrokontroler. Ini dikarenakan Arduino tidak memerlukan hardware lagi sebagai tambahan untuk mengisi program ke dalam sebuah mikrokontroler.

Hal-Hal (Komponen) yang Ada Didalam Arduino

Setelah Anda mengetahui apa itu Arduino, maka ketahui hal-hal yang ada di dalam alat ini. Sebenarnya banyak sekali varian jenis board Arduino yang bisa digunakan untuk hal yang berbeda-beda. Akan tetapi, pada dasarnya semua komponen utama pada Arduino dengan jenis yang bermacam-macam ini adalah sama.

Didalamnya terdapat power atau USB Jack yang bisa menghubungkan sumber tenaga atau tegangan. Selain itu ,PIN pada Arduino juga merupakan tempat dimana untuk penyambungan kabel di antara PIN Arduino dengan perangkat input output. Ada juga tombol reset yang sangat berpengaruh dalam pemrograman Arduino. Jika Anda belajar mengenai elektronika maka pasti akan mengetahui mengenai bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas.

Cara Kerja Arduino

Cara kerja Arduino ini sangat berhubungan tentunya dengan komponen-komponen yang ada di dalamnya yang sudah dijelaskan diatas. Adapun cara kerja Arduino itu dengan cara mendeteksi lingkungan dari input melalui beberapa sensor.

Contohnya seperti biometrik listrik gerakan cahaya, lokasi dan lain sebagainya yang sudah dipasang di papan Arduino. Kemudian hasil dari input tersebut diprogramkan menggunakan perangkat lunak Arduino dengan tujuan untuk mengendalikan motor, lampu, dan lain sebagainya. 

Fungsi dan Kegunaan Arduino

Anda juga harus memahami fungsi dan kegunaan Arduino sebagai sebuah alat yang bermanfaat. Arduino ini ini dirancang dengan tujuan memudahkan pengguna elektronik dalam beberapa bidang. Hardware di dalamnya mempunyai prosesor atmel avr dan juga di dalam softwarenya mempunyai bahasa pemrograman sendiri. 

Saat semua orang mengerti apa itu ardino maka bisa dikatakan bahwa rata-rata pemula atau pembelajar robotika serta elektronika pasti menggunakan Arduino. Ini dikarenakan sistemnya yang sangat sederhana dan mudah dimengerti oleh kalangan pemula.

Kelebihan Arduino

Ketika Anda membaca Penjelasan diatas mengenai apa itu Arduino pasti akan ingin memahami pula Apa kelebihan ketika menggunakan Arduino. Banyak sekali kelebihan ketika melakukan pemrograman menggunakan alat atau sistem ini. Beriku adalah penjelasan lengkapnya

Tidak Memerlukan Perangkat Chip

Kelebihan pertama untuk sistem Arduino ini sudah tidak memerlukan perangkat di programmer. Ini sangat menguntungkan bagi Anda apalagi untuk seorang pemula dalam membuat hal-hal yang berbau elektronika. Arduino tidak memerlukan perangkat di programmer dikarenakan di dalam alat ini sudah terdapat bootloader yang bisa menangani program dari sebuah komputer. 

Sehingga, bisa dikatakan bahwa Arduino ini adalah alat yang efektif dan tidak membutuhkan barang tambahan baru dari luar sistem.

Mempunyai Sarana Komunikasi USB

Ketika membaca pengertian mengenai apa itu Arduino, maka Anda pasti juga menerka bahwa alat ini mempunyai sarana komunikasi berupa USB. Ini dikarenakan alat ini sudah sangat canggih dan dirancang seefektif mungkin dalam pembuatan produk elektronika untuk pemula. 

Dengan sarana komunikasi USB yang ada di dalam Arduino ini maka pengguna laptop yang masih tidak mempunyai port serial bisa masih menggunakan alat ini. Dalam pernyataan kelebihan ini dapat dikatakan bahwa Arduino mampu untuk menyeimbangi pengguna dalam menggunakan sistem ini melalui hardware apapun.

Mempunyai Bahasa Pemrograman yang Relatif Mudah

Kelebihan menggunakan Arduino yang selanjutnya yaitu bahasa pemrograman relatif mudah. Seperti yang diketahui bahwa biasanya alat-alat atau sistem pemrograman masih didapati beberapa hal yang bersifat sulit atau susah dipahami.

Salah satu keunggulan dari Arduino utamanya yaitu pada bahasa pemrograman yang sangat mudah untuk para pemula. Ini dikarenakan software atau bahasa pemrograman yang di dalam Arduino dilengkapi dengan kumpulan library yang yang mumpuni dan bisa dikatakan lengkap.

Mempunyai Modul Siap Pakai

Kelebihan yang berikutnya yaitu Arduino mempunyai modul siap paket berupa zat yang dapat ditancapkan pada board Arduino. Sehingga Anda tidak perlu kebingungan dalam hal pemakaian Arduino dikarenakan ini sudah mempunyai sel yang siap untuk digunakan. Adapun sel yang dimaksud isinya antara lain GPS, SDK, ethernet, dan lain sebagainya.

Harga Sangat Terjangkau

Untuk alat atau sistem seperti Arduino ini tidak hanya dipakai oleh orang-orang yang berada atau kaya saja. Akan tetapi, Arduino ini dirancang untuk semua kalangan yang ingin menggunakannya. Seperti yang diketahui bahwa alat ini sangat terjangkau dan bisa dibeli dengan harga sekitar Rp.70.000 saja. Dengan harga tersebut sudah bisa membeli sebuah papan sirkuit Arduino dengan kualitas yang sedang.

Dengan kualitas tersebut untuk pembelajar pastinya sudah sangat bagus dan cukup mumpuni untuk membuat sebuah produk yang diinginkan. Disisi lain untuk versi original dari alat ini yaitu Arduino bisa dijual dengan harga sekitar Rp. 120.000 hingga Rp. 400.000 . Perlu diketahui bahwa harga ini sangat kompetitif jika dibandingkan dengan mikrokontroler yang lainnya yang biasanya ditarik dengan harga yang begitu mahal.

 Mempunyai Sifat Open Source

Ketika Anda membaca apa itu Arduino pasti juga berpikir bahwa alat ini mempunyai sifat open source. Di dalam platform ini tidak hanya software yang bisa Anda utak-atik. Akan tetapi, hardware yang ada pada Arduino bisa Anda rakit dan ubah sesuai dengan keinginan masing-masing. 

Jika Anda membeli papan Arduino maka pasti akan mengetahui bahwa pihak dari Arduino telah memberikan skema dan juga panduan pembuatannya secara langsung. Anda juga bisa melihat panduan rancangan pembuatannya melalui situs resmi Arduino.cc yang bisa diakses tanpa batasan waktu. Perlu diketahui bahwa sifatnya yang open source membuat Arduino dapat berkembang pesat di seluruh dunia.


Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu Arduino, fungsi komponen, cara kerja hingga kelebihan dari alat Arduino. Jika Anda adalah orang yang sedang belajar di dalam kawasan elektronika atau pemrograman maka pasti pernah mendengar dan ingin mempelajari lanjut mengenai Arduino. Alat ini memang dirancang dengan tujuan memudahkan pengguna dengan tawaran harga yang ekonomis. Oleh karena itu, ketika Anda ingin mencoba mengenai hal apapun mengenai elektronika bisa menggunakan alat Arduino sebagai sistem alat pembuatan produknya.

Post a Comment

Post a Comment