qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
Bookmark

Penjelasan Software Arduino IDE Secara Lengkap dan Rinci

  Bagi kalangan programmer sudah pasti banyak mengenal software untuk melakukan kegiatan merancang program. Dengan adanya suatu software programming membantu para programmer merancang program untuk membantu pekerjaan agar lebih singkat.

Salah satu software yang akan dibahas yakni Arduino IDE yang menjadi salah satu software program yang digunakan oleh para programmer. Untuk orang yang awam sudah pasti ada yang tidak mengetahui mengenai software Arduino IDE, lantas apakah software Arduino IDE itu? simak pengertiannya dibawah ini ya.

Apa itu Arduino IDE ?



Arduino IDE (Integrated Development Environment) merupakan software yang khusus digunakan untuk merancang program melalui Arduino, dengan bahasa lain Arduino IDE menjadi sebuah media untuk melakukan program board Arduino. Arduino IDE berfungsi untuk editor text guna mengedit, membuat, dan memvalidasi sebuah kode program. 

Arduino IDE juga dapat melakukan sebuah aksi upload ke board Arduino. Kode program yang digunakan dalam proses pemrograman Arduino dapat disebut sebagai Arduino “Sketch” atau juga dapat dikatakan sebagai source code Arduino. Ekstensi yang digunakan sebagai file source code yaitu .ino

Arduino IDE dibuat menggunakan bahasa pemrograman Jawa. Software ini juga sudah support dengan library C/C++ yang biasanya disebut dengan istilah Writing sebagai proses operasional input dan output agar lebih sederhana. 

Download Software Arduino IDE Terbaru Disini

                         

Alasan menggunakan Arduino IDE

Ada banyak sebuah software board pemrograman yang tersedia dibanyak situs dan fungsinya sama. Akan tetapi, penggunaan Arduino dipilih oleh banyak kalangan dikarenakan mempunyai alasan yang meningkatkan mikrokontroler menjadi lebih istimewa. Banyak kelebihan penggunaan Arduino IDE ini salah satunya karena biaya operasional yang murah. Setiap kali kamu melakukan pembelian software sudah pasti akan melihat biaya terlebih dahulu. Dengan menggunakan Arduino, juga menyediakan freeware yang dapat digunakan namun dengan fitur terbatas.

Selain biaya yang murah penggunaannya pun sangat user friendly, sehingga dapat memudahkan para penggunanya dalam mengoperasikan Arduino IDE. Bahkan pemula sekalipun dapat melakukan praktik secara langsung, walaupun software ini sudah menggunakan versi C/C++ namun dapat digunakan dengan mudah serta sederhana tidak seperti program yang lain.

Tak hanya itu saja, banyaknya komunitas virtual yang ada di sosial media yang bertema Arduino IDE juga banyak, sehingga kamu dapat ikut ke dalam komunitas dan belajar serta melakukan komunikasi dengan segala arah. Dibandingkan software lainnya yang kadang belum tentu ada komunitas yang membahas, sekalipun ada juga terbatas. Penggunaan Arduino IDE juga banyak sekali tutorial serta contoh proyek yang tersebar di media atau situs online untuk kamu pelajari. Bahkan jika terdapat masalah penyedia proyek atau komunitas yang tersedia akan membantu serta memberikan sebuah solusi jawaban yang dibutuhkan.

Alasan lain merupakan Arduino IDE merupakan sebuah cross-platform yang dapat dijalankan dalam beberapa platform seperti Windows, Mac OS, serta Linux dibandingkan software lain belum tentu dapat diinstal dalam beberapa sistem operasi, selain itu juga Arduino IDE pada sistem operasi Windows dapat dijalankan dengan Windows 7 sampai terbaru dengan operasi 32 bit dan 64 bit. Arduino IDE juga mempunyai banyak variasi yang dapat kamu pilih sesuai keinginan proyek Anda.

Fungsi Arduino IDE

Fungsi Arduino IDE (Integrated Development Environment) dapat menulis sketch. Sketch ditulis dalam suato editor sebuah teks dan disimpan dengan ekstensi .ino. Teks editor yang ada pada Arduino IDE yang memiliki fitur untuk cut and paste dan search and replace sehingga programmer dapat lebih mudah dalam melakukan penulisan kode program.

Tidak hanya itu saja software Arduino IDE juga mempunyai fitur message box, yang mempunyai warna hitam guna menampilkan sebuah status seperti pesan error, compile, dan melakukan program. Di bagian paling kanan dari software ini juga menunjukkan sebuah board yang terkonfigurasi sekaligus COM Ports yang mau digunakan.

Menu-menu yang ada pada software Arduino IDE

Verify

Verifiy yang tersedia pada Arduino IDE digunakan sebagai pemeriksaan kode program yang telah kami buat. Apakah sudah benar atau belum, jika belum nanti akan muncul sebuah message box yang memberitahukannya.

Upload

Menu upload idgunakan sebagai untuk untuk mengupload sketch yang telah selesai ke board Arduino. Jika menggunakan menu upload maka akan otomatis Arduino IDE akan melakukan sebuah verify lebih dulu sebelum melakukan proses upload.

New

Menu new berfungsi sebagai membuat halaman sketch baru.

Open

Menu open fungsinya digunakan untuk membuat proyek sketch yang sudah tersimpan di dalam folder sebelumnya.

Save

Menu save berguna untuk melakukan penyimpanan sketch yang sudah dibuat.

Serial Monitor

Menu serial monitor digunakan untuk membuka serial monitor untuk menampilkan sebuah jendela yang dikirimkan atau dipertukarkan antara skecth dan Arduino pada port serialnya. 

Biasanya serial monitor ini digunakan bertujuan untuk melakukan sebuah debugging tanpa menggunakan layar monitor baik dalam menampilkan sebuah proses, pembacaan, bahkan error.

Keterangan Aplikasi

Bagian ini berguna sebagai penampilan sebuah proses yang sedang berjalan di Arduino IDE dalam bentuk keterangan.


1 comment

1 comment

  • puput icee
    puput icee
    28 March 2022 at 14:52
    informasi yang sangat menarik, semua tersampaikan dengan jelas kepada pembaca. Jangan lupa kunjungi link berikut : https://ftmm.unair.ac.id/
    Reply