qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
Bookmark

Cara Screenshot di HP Android

 

Cara Screenshot

 Penggunaan ponsel terutama android di jaman sekarang tentu sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Salah satu fiturnya yang sering digunakan tentu saja fitur screenshot atau orang sering menyebutnya dengan singkatan "ss". Fitur ini memungkinkan pengguna android untuk memfoto tampilan layar yang aktif di ponselnya, mengedit, serta membagikan hasil screenshotnya dengan mudah. Penggunaan fitur ini pun sangat dibutuhkan bagi kamu yang ingin menunjukkan cara login disebuah aplikasi ataupun ingin menunjukkan betapa ganteng atau cantiknya crushmu yang baru saja mengupload foto terbarunya di instagram.

Bagi yang sudah menggunakan android sejak lama, tentu saja sebagian besar sudah mengetahui bagaimana cara men-screenshot tampilan layar aktif di ponsel pintarnya. Akan tetapi, bagi kamu yang masih baru dalam menggunakan ponsel cerdas seperti android ini kamu tidak perlu khawatir. Kami akan membantu kamu untuk bisa jago men-screenshot tampilan layar aktifmu saat ini. Langsung saja kita simak caranya!

A. Menggunakan Tombol Volume Down

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling mudah dan tentu saja hampir semua ponsel pintar mempunyai cara ini. Caranya mudah, anda cukup menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan lalu tunggu beberapa detik hingga terdengar suara seperti ponsel yang telah memfoto sesuatu atau terdapat notifikasi yang menyatakan anda sudah berhasil men-screenshot layar.

B. Melalui Notification Bar

Di beberapa merek ponsel sudah menyediakan yang menggunakan fitur ini. Cara yang perlu dilakukan juga terbilang cukup mudah menggunakan fitur ini. Anda cukup buka halaman yang ingin anda screenshot, lalu buka notification bar anda, cari dan ketuk ikon "screenshot". Jika sudah diketuk secara otomatis layar aktif telah ter-screenshot.

C. Menggunakan Tombol Home

Cara lain selain menggunakan tombol volume down dan melalui notification bar, adalah dengan menggunakan tombol home. Fitur ini mungkin hanya ada di beberapa ponsel. Secara teknis, cara ini hampir mirip dengan cara tombol volume down. Yang membedakannya hanya sekarang kita menggunakan tombol home. Pertama, tampilkan halaman yang hendak anda screenshot. Kedua, tekan tombol power atau tombol on off dan tombol home secara bersamaan. Lalu, tahan hingga beberapa detik hingga terdengar suara kamera memotret atau muncul notifikasi yang menyatakan anda sudah berhasil men-screenshot layar aktif anda.

D. Menggunakan Fitur Gesture

Fitur ini merupakan fitur termudah menurut saya, tetapi tidak semua merek ponsel dilengkapi fitur ini.  Cara menggunakannya dengan mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu di bagian pengaturan. Jika sudah mengaktifkan, anda buka kembali halaman yang ingin anda screenshot. Lalu, usapkan 3 jari anda dari atas ke bawah dan layar aktif anda telah ter-screenshot. Apabila tidak ter-screenshot, bisa anda ulangi dengan mengusapkan 3 jari anda dari bawah ke atas. 

Bila anda sudah berhasil, anda bisa langsung mengedit hasil screenshot anda melalui galeri ponsel anda. Biasanya ponsel pintar anda sudah menyediakan beberapa fitur untuk mengedit hasil screenshot anda. Apabila anda tidak menemukannya, anda bisa menginstall aplikasi dari play store. Dan... Anda sudah berhasil men-screenshot! Selamat mencoba!


Post a Comment

Post a Comment