Disqus for inserbit

qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6

Apa Itu Sensor Arus Pada Arduino Uno dan Macam-Macamnya

 Penggunaan peralatan elektronik biasanya memiliki teknologi atau suatu sistem yang mendukung peralatan elektronik untuk berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu sistem yang ada yaitu sensor. Di bawah ini merupakan informasi mengenai apa itu sensor arus pada arduino uno dan juga macam-macamnya.

Apa Itu Sensor Arus Pada Arduino Uno?

Sensor arus adalah suatu perangkat atau komponen yang berfungsi untuk mendeteksi arus pada listrik yang ada di dalam sebuah kabel listrik. Nantinya akan menghasilkan sinyal proporsional dengan besarnya dari nilai arus listrik yang terdeteksi.

Sinyal yang telah dihasilkan, maka bisa menjadi tegangan analog atau tegangan digital. Sinyal disini dapat dijadikan sebagai suatu alat ukur dari arus listrik yang bisa disimpan dalam suatu penyimpanan contohnya server.

Sementara itu, AC atau Alternating Current, merupakan aliran arus bolak-balik. Arus listrik AC ini bisa ditemukan di banyak listrik perumahan, contohnya PLN. Pembacaan arus AC sangat berbeda dengan arus DC pada arduino uno, sehingga dalam pembacaannya pun harus berhati-hati.

Ada banyak macam jenis-jenis sensor arus pada arduino yang bisa Anda gunakan. Tetapi, kali ini akan dipaparkan 3 macamnya saja yang secara umum sering digunakan dalam perangkat elektronik sehari-hari.

Beberapa contohnya akan dijelaskan di pembahasan selanjutnya. Jadi, pastikan menyimaknya dengan baik.

Macam-Macam Sensor Arus Pada Arduino Uno

Sensor arus pada arduino uno ada banyak sekali. Namun, pada artikel kali ini akan dibahas beberapa macam saja yang perlu Anda ketahui. Berikut merupakan pemaparannya.

Sensor Arus ACS712

Sensor Arus ACS712

Pertama, ada sensor arus ACS712. Ini merupakan sebuah sensor arus yang dengan sistem hall effect. Dalam hal ini, artinya adalah besara arus dapat mempengaruhi besar atau kecilnya hall effect pada sensor tersebut. Semakin besar arus listrik yang dialirkan, maka semakin besar pula pengaruhnya pada hall effect.

Sensor arus ini mempunyai output analog, dengan begitu apabila Anda ingin membacanya dengan arduino uno, maka Anda hanya perlu membaca output melalui sebuah pin ADC.

CT Current Sensor

CT Current Sensor


CT atau Current Transformers Sensor, merupakan sebuah sensor yang digunakan untuk mengukur suatu arus listrik tegangan AC. Sensor yang satu ini lebih mudah digunakan daripada sensor sebelumnya, yaitu sensor ACS712. Sebab, sensor ini ada versi clamp.

CT Current Sensor terdiri dari lilitan pada intin besi. Lilitan ini yang nantinya mampu menghasilkan sinyal ketika mengenai kabel yang dialirkan dengan muatan listrik. Kemudian, nantinya sinyal akan diolah lagi dan menghasilkan tegangan analog.

Sensor PZEM-004T

Sensor PZEM-004T


Selanjutnya ada sensor PZEM-004T. Sensor yang satu ini mampu mengukur arus tegangan AC dan DC. Sensor PZEM-004T ini memiliki spesifikasi sumber tegangan 80 hingga 260 Volt, arus AC diukur pada 100 Ampere,  rentang daya 0 hingga 22 kW, dan frekuensinya sekitar 45 sampai 65 Hz.

Apabila Anda ingin memonitor power, tegangan dan arus, maka sensor yang satu ini cocok sekali untuk Anda gunakan sebagai pemula. Oleh sebab itu, ketahui lebih lanjut mengenai apa itu sensor arus pada arduino uno sensor PZEM-004T ini.

Dari sekian banyak pilihan macam-macam sensor arus pada arduino uno, itu dia ketiga diantaranya. Kini Anda sudah mengetahui apa itu sensor arus pada arduino uno dan beberapa macam-macamnya, bahkan beberapa dijelaskan lengkap dengan spesifikasinya.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment