qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
Bookmark

Cara Pasang Wifi di Rumah Tanpa Kabel Telepon, Mulai dari Router USB hingga Mifi!

Cara Pasang Wifi di Rumah Tanpa Kabel Telepon

Cara pasang wifi di rumah tanpa kabel telepon ternyata bisa dilakukan dengan alat atau layanan tertentu. Pengguna tidak perlu lagi repot memasang kabel telepon agar bisa menikmati jaringan internet.

Wifi sudah menjadi kebutuhan penting terutama di era digital seperti sekarang.  Hampir di setiap perumahan sudah terpasang wifi demi akses internet yang mudah. Apalagi sekarang beberapa provider sudah mengeluarkan wifi yang tanpa kabel. Berikut cara-caranya:

1. Menggunakan Router USB

Cara pasang wifi di rumah tanpa kabel telepon bisa menggunakan router USB. Secara fisik hampir sama dengan router biasa namun yang membedakan ada port untuk modem USB.

Nah, dalam router USB harus dilengkapi dengan modem USB agar bisa digunakan. Sebab, kuota internet yang dipakai berasal dari modem. Jadi, pengguna bisa membeli paket internet sesuai dengan kebutuhannya.

Banyak sekali router USB yang dijual dipasaran dengan kualitas yang bagus. Sangat disarankan untuk memilih router USB yang bisa mendukung beragam modem.

Mengapa harus membeli yang mendukung modem dengan berbagai merk? Agar bisa menyesuaikan budget dan memudahkan konsumen. Cara memasangnya pun sangat lah mudah. Router tinggal dicolokkan ke listrik.

Kemudian modem yang digunakan harus diisi dengan paket internet terlebih dahulu. Jika sudah ada paket internet, konsumen tinggal colok modem ke port yang tersedia di router tersebut.

Jaringan yang tersedia di router ini khususnya untuk merk TP-LINK TL-MR3420 adalah 4G dan juga 3G. Biaya yang dikeluarkan hanya untuk alatnya kurang lebih sekitar 300 ribuan untuk merk TL-MR3420.

Dan jika ditambah dengan modemnya dengan harga 300 ribuan, jadi totalnya bisa mencapai 600 ribuan. Memang tidak terlalu murah, namun jika digunakan untuk jangka panjang cukup oke untuk digunakan. Apalagi bisa dipindah-pindah karena tanpa kabel.

2. Menggunakan Mifi (Modem Wifi)

Selanjutnya masyarakat bisa menggunakan Mifi untuk menikmati wifi tanpa kabel. Cara kerjanya memang mirip dengan router USB. Bedanya adalah bentuk dari Mifi ini sangat ringkes, dan ukurannya lebih kecil sehingga bisa dibawa ke mana saja.

Penggunaannya pun jauh lebih praktis. Pengguna tinggal memasukkan kartu sim sesuai dengan merk dari Mifi nya. Misalnya, Mifi Smartfren maka harus menggunakan kartu Smartfren untuk bisa terhubung dengan internet.

Kelebihan dari Mifi ini adalah konsumen bisa menghubungkan hingga lebih dari 10 perangkat dalam satu rumah atau tempat. Meskipun jangkauan sinyalnya tidak seluas wifi biasa, tapi tetap worth it digunakan.

Apalagi bagi anak kos-kosan yang memang tidak tersedia wifi tentu akan sangat bermanfaat. Baterai dari Mifi ini pun cukup tahan lama, yaitu sekitar 20 jam lamanya.

Untuk harga Mifi Smartfren berada di kisaran 300 ribu hingga 1,2 juta rupiah tergantung tipenya. Tentu keunggulan yang ditawarkan berbeda-beda. Pastikan sebelum membelinya sesuai dengan budget dan kebutuhan.

3. Menggunakan Wireless Router

Selain menggunakan Mifi, masyarakat bisa memanfaatkan Wireless Router untuk bisa menikmati Wifi tanpa kabel telepon. Router ini menerapkan prinsip kerja yang sama dengan router lainnya hanya saja tidak ada kabel yang tersambung.

Tidak hanya sebagai Wifi, router ini juga bisa berfungsi sebagai LAN nirkabel, kabel, ataupun kedua-duanya. Router ini juga harus ada modem agar bisa dipakai dan memiliki koneksi internet.

Jadi, untuk memasangnya bisa siapkan modem, komputer, dan routernya itu sendiri. Untuk konfigurasi awal, pengguna harus sambungkan routernya ke komputer dan modem. Setelah itu, masuk ke menu admin router di komputer yang telah tersambung.

Input semua data yang terkait dengan konektivitas pada router. Kemudian pengguna harus memperbaharui nama SSID dan alamat MAC Router. Setelah semua selesai router siap digunakan.

Sekian penjelasan 3 cara pasang wifi di rumah tanpa kabel telepon. Dengan adanya beragam wifi yang bisa digunakan tanpa kabel akan sangat memudahkan masyarakat untuk berselancar di dunia internet.



Post a Comment

Post a Comment