qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
Bookmark

5 Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome dengan dan Tanpa Aplikasi 

cara mengecek kecepatan internet indihome

Beberapa orang kadang masih bingung bagaimana cara mengecek kecepatan internet indihome agar bisa tetap mengontrol. Tentu jika kecepatan internet melemah, maka jaringan akan lemot. Sayangnya kecepatan internet ini tidak selalu ditampilkan begitu saja.

Cara untuk mengetahui kecepatan internet pada WiFi Indihome pun ada beberapa yang dapat dilakukan. Entah itu dengan bantuan aplikasi ataupun tidak. Untuk lebih jelasnya, maka bisa simak ulasannya berikut:

Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome Tanpa Aplikasi 

Cara pertama yang akan diuraikan kali ini adalah dengan bantuan situs website. Dengan cara ini, maka pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi yang akan memberatkan ponsel yang digunakan. Berikut cara yang dapat dilakukan:

1. Gunakan www.speedtest.net

Pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan situs Speedtest. Situs ini juga tersedia untuk berbagai jenis perangkat untuk mengecek status kecepatan internet. Begini langkah menggunakannya:

  1. Pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengakses suatu website www.speedtest.net bisa melalui peramban pada ponsel.
  2. Jika sudah, maka tunggu hingga tampilan utama dari website tersebut.
  3. Setelah itu tinggal klik Go, maka tinggal menunggu website melakukan proses hingga menampilkan tingkat kecepatan. 

2. Pakai Google Fiber Speedtest

Cara berikutnya yang dapat diakui adalah dengan menggunakan situs website dari google. Dimana situs website ini bernama Google Fiber Speedtest. Untuk langkah penggunaan dari situs ini pun juga tidak begitu rumit.

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka browser atau peramban yang ada di ponsel.
  2. Jika sudah, maka bisa langsung klik fiber.google.com/speedtest/ agar.lebihnmudah bisa gunakan chrome. 
  3. Setelah itu, bisa klik go, nantinya akan halaman akan menampilkan kecepatan internet WiFi tersebut. 

3. Lewat Fast.com

Kemudian untuk cara ketiga maka bisa menggunakan situs bernama Fast.com. Cara ini tentunya juga bisa diakses hanya dengan menggunakan ponsel saja. Cara yang dapat dilakukan dengan situs website ini pun juga tergolong sangat mudah. 

Jadi yang perlu dilakukan hanya dengan masuk ke situs website dari Fast.com. bisa menggunakan chrome atau beberapa jenis peramban lain yang dimiliki. Jika sudah, maka nanti situs akan secara otomatis memperlihatkan hasil yang diminta. 

4. Gunakan Bandwidthplace.com

Kemudian masih ada lagi cara berikutnya yang juga dapat dilakukan untuk mengetahui kecepatan internet pada jaringan WiFi yang digunakan. Cara keempat ini adalah dengan memanfaatkan situs bernama Bandwidthplace.com. Ini juga bisa diakses melalui ponsel. 

Jadi yang perlu dilakukan adalah dengan mengakses situs Bandwidthplace.com menggunakan peramban yang ada di ponsel. Jika sudah, maka nanti bisa klik start untuk memulai pengecekan. Jika sudah, nanti data yang diminta akan diperlihatkan. 

Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome Dengan Aplikasi Speedtest by Ookla

Kemudian untuk cara mengecek kecepatan internet indihome berikutnya adalah dengan bantuan aplikasi. Mungkin akan sering mengecek kecepatan internet di rumah. Sehingga ingin menggunakan aplikasi agar bisa lebih mudah dalam setiap prosesnya. 

  1. Untuk aplikasi yang digunakan kali ini adalah Speedtest by Ookla jadi pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu.
  2. Pengguna bisa coba buka aplikasi play store atau sesuai dengan perangkat yang digunakan.
  3. Di play store bisa gunakan kata kunci yang sama, yakni Speedtest by Ookla.
  4. Setelah biru jangan lupa untuk install dan Langgsung pasang.
  5. Buka aplikasi, dan lakukan penyetelan pada aplikasi lalu masuk ke tab speed. 
  6. Jika sudah, maka bisa lanjutkan dengan klik GO hingga layanan memproses informasi yang diinginkan, selesai.

Demikian adalah 5 cara mengecek kecepataninternet indihome yang dapat dilakukan. Tinggal pilih salah satu cara yang sekiranya akan muda untuk digunakan dan dilakukan. Dengan begitu, maka bisa setiap waktu mengecek kecepatan internet. 

 


Post a Comment

Post a Comment