qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
Bookmark

6 Penyebab HP Lemot dan Macet yang Jarang Diketahui

Penyebab HP lemot dan macet


Ponsel yang tiba-tiba lemot serta macet menyebabkan banyak permasalahan lain. Misalnya saja rasa panik yang tiba-tiba apalagi jika mengerjakan sesuatu yang penting. Ternyata ada berbagai penyebab HP lemot dan macet yang jarang diketahui.

Namun terkadang berbagai penyebab itu sendiri sebenarnya bisa dihindari secara tidak langsung oleh setiap penggunanya. Terutama jika telah mengetahui apa saja sekiranya penyebab mengapa keadaan tersebut bisa terjadi. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Memori Penuh

Penyebab HP lemot dan macet pertama yaitu karena kondisi memori penuh. Ini biasanya jika tidak lagi tersisa ruang untuk penyimpanan memori penuh atau bahkan pengguna yang jarang menghapus berkas tidak diperlukan. Sehingga, menyebabkan keadaan memorinya semakin bertambah.

Dengan keadaan yang demikian, dipastikan kinerja ponsel jadi terhambat. Sementara untuk memproses berbagai keperluan saat memakai ponsel jadi lebih lambat. Untuk itu, harus selalu mengecek kapasitas memori dan mengurangi sampah.

2. Tumpukan Cache

Berikutnya sebagai penyebab HP lemot dan macet adalah adanya cache yang menumpuk. Untuk itu, sendiri biasanya terdapat sampah yang terdapat dalam sebuah sistem aplikasi, namun tidak pernah dibersihkan.

Jadi harus selalu rutin untuk melakukan pengecekan ini. Karena jika tidak dihapus, maka cache semakin banyak lama-kelamaan akan menjadi sampah yang justru membuat kinerja ponsel jadi lebih lambat. Karena terasa lebih berat akibat tumpukannya tersebut.

3. Aplikasi Dibalik Layar

Penyebab HP lemot dan macet selanjutnya yaitu karena ada aplikasi dibalik layar yang terbuka. Misalnya saat memakai ponsel, pengguna tidak hanya membuka satu aplikasi. Melainkan pada waktu yang bersamaan menggunakan 5 aplikasi berbeda.

Keadaan demikian, juga dapat mempercepat baterai serta ponsel lebih macet. Karena harus memproses berbagai aplikasi bersamaan. Maka dari itu, ada baiknya dengan mengurangi jumlah tab layar atau pembukaan aplikasi terutama agar tidak memakan area resource.

4. Kapasitas RAM

Berikutnya yang juga menjadi penyebab tindakan demikian yaitu karena kapasitas RAM. Contohnya ukuran dari memori eksternal untuk ponsel ini sangat tidak sesuai. Yakni hanya punya kapasitas sebesar 2 GB, tetapi berkas yang disimpan jauh lebih banyak.

Oleh karenanya, tidak mengherankan jika smartphone ini sering lemot. Lantaran, kapasitasnya sendiri tidak sesuai karena ada baiknya untuk meningkatkan RAM ponsel minimal 4 atau 6 GB.

5. Versi Lama 

Ternyata memanfaatkan versi lama alias belum melakukan update terbaru juga menyebabkan terjadinya kerusakan. Contohnya ponsel Android dengan versi lama tanpa update sistem justru membuatnya sering lemot.

Hal ini tentu saja karena perangkat terbaru tersebut tidak kompatibel dengan berbagai mesin atau sistem lama. Maka dari itu diperlukan pembaharuan agar kesesuaian sistem ini dapat berjalan.

6. Serangan Virus

Sementara untuk penyebab terakhir mengapa ponsel terkadang sering lemot atau bahkan macet lantaran serangan virus. Jika diartikan, virus ini merupakan sebuah Malware yang tugasnya menyerang keamanan ponsel. Maka dari itu dapat menyebabkan kerusakan.

Umumnya keadaan tersebut terjadi karena mengunduh suatu aplikasi dengan sumber yang masih belum jelas. Terkadang pada saat melakukan instalasi ini justru menyebabkan adanya virus yang masuk bersamaan dengan aplikasi tersebut. Makanya perlu hati-hati dalam melakukan sesuatunya.

Jadi itulah pembahasan penyebab HP lemot dan macet. Berbagai pembahasan terkait dengan sejumlah penyebab itu, mungkin telah diketahui umum oleh sejumlah kalangan. Maka dari itu perlu kehati-hatian.

Serta mengetahui bagaimana cara untuk mengantisipasinya. Sehingga keadaan yang demikian tidak akan terjadi kembali serta tidak ada lagi istilah ponsel yang tiba-tiba lemot alias macet.

 


Post a Comment

Post a Comment