qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
qADaQmkDbnBYc2cwZ46lnX6xgE1UMwozsSEsZER6
Bookmark

Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Digital ?

Teknologi digital

Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Digital ?

Mungkin sebangian dari kalian atau bahkan kalian sendiri masih belum tau apa itu Teknologi Digital, di jaman ini kehidupan kita sudah di permudah oleh perangkat gadgets seperti komputer dan smartphone ataupun segala perangkat pendukung lainnya. Ternyata komputer merupakan salah satu hasil dari berkembangnya teknologi digital. Lantas Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Digital ? Mari kita simak pembahasannya.~


Digital itu berasal dari kata digit, semua hal yang digital pasti menggunakan sinyal dalam bilangan biner yaitu 0 dan 1. Kenapa harus 0 dan 1 ?, pada dasar nya 0 dan 1 itu hanyalah sebuah kode yang mengisyarat kan naik turun nya tegangan pada rangkain elektronik. 

Jadi 1 = HIGH (Naik) atau ON
        0 = LOW  (Turun) atau OFF

Untuk lebih jelasnya kalian bisa mempelajari elektronika dasar terlebih dahulu.


Jadi bisa di simpulkan bahwa Teknologi Digital adalah sebuah teknologi dimana sistem operasi-nya akan berjalan secara otomatis dengan adanya sistem komputerisasi yang mendukung. Jadi secara garis besar Teknologi digital hanya sistem perhitungan yang sangat cepat yang dapat menyerap semua informasi dan diubah menjadi nilai numerik atau kode digital.


Era revolusi Teknologi Digital terjadi pada akhir dekade ke 70-an dimana Teknologi digital merupakan pengembangan dari teknologi analog. Namun perbedaan nya teknologi digital tidak dapat menyimpan data atau informasi dalam bentuk gambar atau suara.


Sedangkan untuk menyimpan data bisa melalui komputer dengan tambahan perangkat lain seperti Flashdisk,hardisk,CD dan sebagainya. Yang berguna untuk menjaga data agar data tidak hilang maupun rusak ketika akan di gunakan di lain waktu.


Kelebihan Teknologi Digital

  1. Data yang akan dikirim kan dari tempat A ke B tidak akan terganggu oleh cuaca buruk dan noise yang mengganggu karena data di transmisikan dalam bentuk digital
  2. Berbagai sistem komunikasi tersedia dan dapat digunakan dengan mudah
  3. Biaya perawatan murah sebab lebih praktis dan efisien


Kekurangan Teknologi Digital

  1. Terjadinya Eror ketika mengubah sinyal analog ke digital (digitalisasi)
  2. Ada kemungkinan terjadinya kebocoran data pribadi seperti  nomor rekening, dan lain-lain. Yang disebabkan oleh serangan hacker atau virus
  3. Memungkinkan terjadinya gangguan mental secara berlebihan atau kencanduan yang dapat memperburuk kondisi psikis korban.



Itulah pembahasan tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Digital ? Semoga pembahasan kali ini dapat membantu anda. 


Post a Comment

Post a Comment